Serentak Membayarkan Gaji

Pemerintah di empat kabupaten se-Luwu Raya serentak akan membayarkan gaji ke-13 kepada pegawai negeri sipil (PNS) di daerah tersebut hari ini. Kepastian pembayaran gaji 13 ini sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI nomor 89/PMK.03/2012 yang dikeluarkan pada tanggal 13 Juni 2012, dalam peraturan itu disebutkan, gaji 13 PNS tahun 2012 dibayarkan mulai tanggal 25 Juni. Data yang dihimpun, jumlah keseluruhan PNS di empat daerah yang berhak menerima gaji 13 itu sebanyak 15.042 orang sebesar satu bulan gaji tanpa potongan, pembayarannya juga akan langsung dilakukan melalui rekening masingmasing di bank yang telah ditunjuk masing-masing daerah.

Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo menyiapkan anggaran sebesar 17,016 miliar untuk 5.305 orang PNS yang berhak menerimanya, di Kabupaten Luwu Utara yang menerima gaji 13 sebanyak 5.643 orang dengan alokasi anggaran Rp16,2 miliar diluar potongan tunjangan beras,di Luwu Timur (Lutim) PNS yang terdata menerima gaji 13 sebanyak 4.094 orang dengan alokasi anggaran sebesar Rp14,140 miliar.

Sementara Pemkab Luwu mencatat sebanyak 7.173 orang yang akan menerima gaji 13 dengan alokasi anggaran di atas Rp17 miliar. “Sesuai Juknis, pembayaran gaji 13 dilakukan serentak tanggal 25 Juni,”kata Kepala DPKAD Luwu Andi Akrab ditemui SINDO usai mengikuti seminar persiapan pelaksanaan tahapan Pilkada Palopo, di Hotel Citra Buana Palopo, kemarin. Menurut dia, pihaknya siap membayar gaji 13 bagi seluruh PNS, termasuk PNS guru yang mengabdi di seluruh sekolah di 21 kecamatan, begitu pun PNS tenaga medis baik perawat dan bidan.

“Sudah dari perintah pemerintah pusat dan Juknis pembayaran gaji 13 PNS, sehingga kami membayarkannya tanggal 25 Juni,”katanya. Senada diungkapkan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) Lutim Aini Endis Anrika bahwa pihaknya siap membayar gaji 13 kepada seluruh PNS Lutim, dan pembayaran akan dilaksanakan 25 Juni via rekening masing-masing PNS.“Untuk pembayaran gaji 13, kami siapkan Rp14,140 miliar bagi 4.094 PNS,”katanya.

Wali Kota Palopo HPA Tenriadjeng juga menyatakan kesiapan Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo membayarkan gaji 13 bagi 5.305 PNS di seluruh jajaran Pemkot Palopo.“Saya sudah cek di DPPKAD Palopo, proses pencairan dana gaji 13 sudah selesai dan siap dibayarkan kepada seluruh PNS. Jadi, tidak ada masalah untuk pembayaran gaji 13,” bebernya kepada wartawan usai membuka seminar persiapan pelaksanaan tahapan Pilkada Palopo di Hotel Citra Buana Palopo, kemarin.

Wali Kota dua periode berharap, PNS yang menerima gaji 13 tersebut memanfaatkannya ‘bonus’ peningkatan kesejahteraan PNS untuk kepentingan biaya pendidikan anak-anaknya memasuki tahun ajaran baru yang akan berlangsung sekitar awal Juli nanti.

“Gaji 13 dimaksudkan membantu meringankan PNS untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan anak,apalagi kebutuhan PNS memasuki tahun ajaran baru pendidikan dan bulan Suci Ramadhan sangat meningkat, sehingga gaji 13 benarbenar dimanfaatkan,”ujarnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel